Rabu, 13 Juni 2012

Peraturan pertandingan bol voli



Peraturan Pertandingan Bola Voli

Peraturan pertandingan bola voli yang kita gunakan mengacu pada peraturan bola voli internasional, antara lain sebagai berikut:
1.      Pertandingan menggunakan sistem gugur.
2.      Pertandingan menggunakan sistem rotasi pemain.
3.      Pertandingan menggunakan sistem  2 set kemenangan (two winning set).
4.      Pergantian pemain tidak dibatasi, tapi tiap pemain hanya boleh mengganti pemain yang sama selama set itu berlangsung.
5.      Pertandingan menggunakan sistem reli poin. Sebuah tim dinyatakan memenangi 1 set pertandingan apabila telah mencapai poin 25. Apabila poin sama 24 – 24, maka akan terjadi joush, maka tim yang pertama kali unggul dengan selisih 2 poin yang akan memenangi pertandingan.
6.      Pertandingan dipimpin oleh seorang wasit dan dibantu oleh 5 orang pembantu wasit, yakni wasit II dan 4 orang hakim garis.
7.      Apabila melakukan protes maka yang berhak melakukan protes adalah kapten tim.
8.      Apabila sebuah tim terlambat 15 menit, maka tim tersebut dinyatakan kalah satu set dan apabila terlambat selama 30 menit, maka tim tersebut dinyatakan kalah ( WO).
9.      Jumlah pemain minimum yang boleh barmain di lapangan yakni 4 orang, apabila kurang dari 4 orang, maka tim tersebut dinyatakan kalah.
10.  Bola yang diservis tidak boleh langsung dipukul didepan net, apabila pemain melakukan hal tersebut, maka poin bagi yang melakukan servis.
11.  Apabila sebagian besar  kaki seorang pemain  melewati garis tengah lapangan maka itu di anggap pelanggaran dan poin bagi lawan. pemain juga dianggap melakukan pelanggaran apabila sebagian kecil kakinya melewati garis tapi posisi kaki pemain tersebut dalam keadaan jinjit.
12.  Pemain tidak akan dianggap melakukan pelanggaran apabila menyentuh net di bawah pita putih secara tidak disengaja.
13.  Pemain dianggap melakukan pelanggaran apabila menyentuh pita putih pada net baik secara sengaja ataupun tidak di sengaja.
14.   Seorang  Pemain di anggap sah memainkan bola sebanyak 2 kali tanpa disengaja, tapi perkenaan bola harus segaris lurus.
15.  Seorang pemain dianggap melakukan pelanggaran apabila memainkan bola 2 kali secara sengaja walaupun perkenaan  bola segaris lurus.
16.  Seluruh anggota badan bisa digunakan untuk memainkan bola dan dianggap sah.
17.  Keputusan wasit tidak boleh di ganggu gugat oleh siapa pun..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar